Selasa, 26 Agustus 2014

Makanan khas Ponorogo

Beraneka jenis makanan khas tersedia di Ponorogo,
Sate ponorogo merupakan salah satu makanan khas di Ponorogo. Sate ponorogo berbeda dengan sate Madura karna daging sate di Ponorogo disayat tipis-tipis, karena selain lebih empuk lemak didagingnya bisa disisihkan. Ukuran sate ponorogo juga lebih besar maka dari itu biasanya di isi 2 atau 1 daging .

selain sate ada juga pecel ponorogo, perbedaan pecel ponorogo dengan pecel daerah lain yaitu pada sambelnya yang kental dan pedas . juga pada sayuran dan cara penyajiannya pun berbeda dari daerah-daerah lainnya.

Dan tidak kalah populernya minuman khas ponorogo yaitu Dawet Jabung, dawet ini dinamakan dawet Jabung karena memang berasal dari desa Jabung kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo. tidak sedikit para wisatawan yang mampir di dawet Jabung karna memang rasanya yang khas. dawet jabung ini memang mirip dengan es cendol karna memang didalamnya terdapat cendol, tapi perbedaannya dalam pembuatan cendol dari tepung aren dan tanpa bahan pewarna, sehingga warnanya alami. pnyajiannyapun memakai mangkuk dan ditambah sedikit es.

Untuk para wisatawan dari luar kota  juga tidak usah bingung-bingung kalo mencari oleh-oleh untuk keluarga dirumah. karna di ponorogo juga tersedia jajanan khas ponorogo yaitu Jenang Mirah . jenang ini dinamakan jenang mirah karna pembuatnya namnya bu Mirah yang berasal dari Desa Josari. jenang mirah ini dibuat dari beras ketan, gula kelapa dan santan gula kelapa tanpa bahan pengawet. jenang mirah inii makanan basah dan hanya bertahan 1 minggu saja kecuali kalau dimasukkan kedalam kulkas. jenang mirah sangat mudah kalian jumpai di toko-toko khas oleh-oleh ponorogo. Satu lagi jananan khas ponorogo yaitu Aak Keling. makanan ini berasal dari desa coper kecamatan Mlarak kabupaten Ponorogo. arak keling ini terbuat dari ketela pohon dan telur yang dibentuk seperti angka delapan lalu digoreng sampai kering lalu diberi gula pasir yang direbus dahulu sampai kental .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar